UNGGULAN

PROGRAM UNGGULAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TA.2010


Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup untuk mendorong laju pembangunan daerah. Wilayahnya terdiri atas dua pulau besar dan pulau-pulau kecil yang membentang antara 115º46′- 119º5′ Bujur Timur dan 8º10′ – 9º5′ Lintang Selatan dengan luas daratan 20.153.15 km persegi dan luas laut 29.159.04 km persegi serta panjang garis pantai sekitar 2.333 km. Berdasarkan Buku Nusa Tenggara Barat Dalam Angka 2009, penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat berjumlah 4.363.756 jiwa, terdiri atas 2.084.364 jiwa laki-laki dan 2.279.392 jiwa perempuan. Pulau Lombok dengan luas daratan 4.738,70 km persegi (22,78 %) berpenduduk 3.039.846 jiwa (70,87 %), sedangkan Pulau Sumbawa yang luas daratannya 15.414.45 km persegi (77,22 %) hanya berpenduduk 1.252.645 jiwa (29,13 %). Dengan demikian luas daratan dan jumlah penduduk kedua pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini berbanding terbalik; yang menggambarkan pula potensi dan permasalahan berkaitan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, kesempatan kerja, pengembangan usaha, kesenjangan pembangunan antarwilayah, pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Dalam rangka mengurangi penganguran, mengentaskan kemiskinan dan menurunkan kasus perdagangan manusia sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009-2013 maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB melaksanakan program unggulan terdiri dari :

  1. LTSP (Layanan Terpadu Satu Pintu)
  2. KTM ( Kota Terpadu mandiri)
  3. Kios 3 In 1 (Pelatihan,Sertifikasi dan Penempatan)
  4. Sosialisasi pencegahan perdagangan manusia (human trafficking)

Tabel 1.Program Unggulan dan  Rencana Kegiatan

Dinasa Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat TA.2010

No. Program Unggulan Rencana Kegiatan

Tujuan

Sasaran

1 Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Memberikan informasi penempatan dan perlindungan TKI dan untuk memberikan pelayanan kepada TKI yang akan bekerja ke luar negeri secara mudah, cepat, murah dan tepat guna menurunkan jumlah TKI bermasalah

Memberikan pelayanan kepada TKI yang akan berangkat ke Luar Negeri secara mudah, cepat, murah dan tepat

TKI yang akan berangkat ke Luar Negeri

2 Kota Terpadu Mandiri (KTM) - Mengadakan rapat – rapat kerja dan koordinasi, dan konsultasi mengenai penyusunan Master Plan KTM, membentuk tim POKJA KTM dan tim Pelaksanan KTM yang akan membangun inprastruktur di pusat KTM untuk meningkatkan aksessibilitas kawasan, mendukung aktifitas sosial ekonomi kawasan transmigrasi.

Terwujudnya keterpaduan pelaksanaan program bidang P2MKT antara Pusat dan Provinsi dan Kabupaten/Kota

KTM Tambora (Kab.Bima) dan KTM Labangka (Kab.Sumbawa)

- Pemberdayaan ekonomi masyarakat transmigran ( Pengembangan Lembaga Ekonomi, Pembinaan dan Pengembangan Pengolahan Hasil dan pemasyaran, Kewirausahaan)

Terwujudnya kawasan asri di lokasi transmigrasi

3 Kios 3 in 1 (Pelatihan, Sertifikasi & Penempatan) - Menyelenggarakan sosialisasi program 3 In 1

- Kualitas pelatihan sesuai dengan kebutuhan pasar

Masyarakat usia Produktif

- Penyediaan sarana dan prasarana program 3 In 1

- Peningkatan daya saing tenaga kerja melalui pemeliharaan dan peningkatan standar kompetensi kerja

- Menyelenggarakan program pelatihan 3 In 1

- Terpenuhinya kebutuhan dan permintaan tenaga kerja dan di pasar kerja dalam negeri dan luar negeri

4 Sosialisasi pencegahan perdagangan manusia (human trafficking) Menyelenggarakan Sosialisasi pencegahan perdagangan manusia (human trafficking)

Mengurangi kasus perdagangan manusia

Perusahaan di Mataram

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: